Kuliah Jumat Ketika Ilmu Tak Bermanfaat

0
201

Allahumma ‘allimnaa maa yanfa’unaa wan fa’naa bimaa ‘allamtanaa wa zidnaa ilmaa Ya Allah ajarilah kami apa yang bermanfaat bagi kami Berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepada kami Dan tambahkanlah ilmu kepada kami Alangkah pentingnya kita membaca doa ini dalam setiap waktu, agar jangan sampai usia habis percuma utk sesuatu yang tidak berguna.

Saat ini, setiap hari kita merasakan banjir informasi yang sangat deras. Di fb dan twitter misalnya, setiap orang sesuka hati menulis di wall nya. Dari buku, tivi, majalah, koran, internet maupun aplikasi android kita dapatkan banyak info baru. Seiring dengan waktu, informasi itu akan membentuk corak pemikiran dan tindakan kita yg digerakkan oleh alam bawah sadar.

Sayangnya tidak semua info itu baik utk kita ketahui. Banyak informasi sampah yang seharusnya tidak kita dengarkan. Tapi akibat propaganda yg begitu sering, dan begitu kuatnya ikatan hati kita kepada sumber informasi, kita pun akhirnya terus mengikuti bahkan mendalami. Akibatnya, pola pikir dan tindakan kita jadi kacau.

Kita tidak bisa lagi membedakan antara ilmu yang baik dan propaganda setan.. zuyyina lahum su’u a’malihim. Itulah orang yang paling merugi sedunia. Kita bisa melihat sendiri, ternyata usia yang semakin tua, gelar kesarjanaan yg panjang, jabatan tinggi di masyarakat, tidak menjadi jaminan ilmunya otomatis bermanfaat.

Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah pernah menyindir perguruan tinggi dan para sarjananya: Dakhalta fiha jahilan mutawadhi’a Wa kharajta minha jahilan maghrura Engkau masuk ke dalamnya (sekolah dan perguruan tinggi) dalam keadaan bodoh dan tawadhu, Engkau keluar darinya masih tetap bodoh tapi sudah merasa pintar.

Kita minta sama Allah, supaya diberi ilmu dan informasi yang bermanfaat. Dengan mengarahkan kita membaca buku yang bermanfaat, dan mempertemukan kita dengan orang yang bermanfaat. Kita berharap Allah berkenan menjadikan ilmu yang kita miliki juga memberi manfaat kepada orang lain. Bila tidak, ilmu dan informasi yang banyak itu hanya akan menambah berat hisab kita di hari kiamat. (Umarulfaruq Abubakar)