Binte Biluhuta (Milu Siram)

0
1953

milusiramBinte Biluhute merupakan makanan khas masyarakat gorontalo. Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Mengapa namanya Binte Biluhuta? Sebutan ini lahir dari masyarakat gorontalo. Nama tersebut merupakan bahasa asli daerah gorontalo. Bila di artikan terdiri dariBinte yang artinya Jagung dan orang gorontalo sering menyebutnya MiluBiluhuta artinya di siram. Nah, kalau diartikan namanya menjadi Jagung yang Disiram atau bahasa kerennya Sup Jagung. Dan mengapa harus Jagung? Karena Jagung merupakan komoditi ekspor andalan provinsi gorontalo yang terkenal sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Sesuai namanya, maka bahan utama makanan ini adalah Jagung. Bumbunya di racik secara terpisah dari menu utamanya. Untuk menambah gurihnya menu Binte Biluhuta, maka di lengkapi dengan ikan cakalang atau ikan tuna yang sebelumnya di rebus secara terpisah dan di potong dagingnya kecil – kecil. Pengganti ikan dalam menu binte biluhuta ini biasanya udang, tapi mengingat udang berkolesterol tinggi, maka masyarakat gorontalo senang menggunakan ikan tuna atau cakalang rebus. Tergantung dari si pemesan menu binte biluhuta.

Pada saat masakan disajikan, bumbu – bumbu pembuat rasa tersebut disajikan di wadah terpisah, yaitu cabe rawit penyebab rasa pedas, daun pepaya penyebab rasa pahit, dan jeruk nipis penyebab rasa asam. Kalau selera Anda rasa pedas, tambahkan cabe rawit yang sudah ditumbuk kasar. Jika suka rasa pahit, iris daun pepaya tipis-tipis lalu campurkan ke dalam sup atau langsung di bikin lalapan. Jika ingin rasa asam, tambahkan perasan buah jeruk nipis (bukan dalam kemasan botol), sehingga anda akan merasakan kuahnya yang asam segar berpadu dengan krius-krius manis jagung dan harum kemangi.

Bagi Anda yang akan mengunjungi Provinsi Gorontalo, menu masakan Binte Biluhuta ini sangat mudah di dapatkan. Karena telah tersedia di restaurant khas gorontalo atau warung – warung makanan yang tersebar di setiap sudut kota sebagai industri kecil – kecilan warga masyarakat gorontalo. Makanan khas Gorontalo ini tidak berbau atau terasa amis, karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa asam, pahit atau pedas. Disarankan menyantap binte bilutuhe ini selagi masih panas. Harga binte biluhuta juga cukup terjangkau berkisar antara Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 per porsi, malah ada yang harganya mencapai Rp. 10.000 per porsi.

Dan yang belum sempat berkunjung dan ingin menikmati gurihnya Binte Biluhuta, berikut bahan dan cara memasak Binte Biluhuta

SHARE
Previous articleSayur Putungo
Next articleBenteng Otanaha