Sayur Putungo

0
1936
putungo
Makanan Khas Gorotanlo Sayur Putungo

Salah satu makanan olahan tradisional dari tanaman pisang adalah bagian jantungnya. Karena hampir di seluruh wilayah tanah air mengenal pohon pisang, maka keanekaragaman jenis kuliner ini dapat di temukan di tiap daerah di indonesia dengan cara pengolahan yang berbeda – beda. Tentu rasa yang dihasilkan pun akan berbeda pula. Begitupun di daerah gorontalo, kuliner yang sering di jadikan pelengkap atau sayur ini sangat khas dan jika di kembangkan tentu akan mendatangkan nilai ekonomis. Sayur Jantung pisang di daerah gorontalo di kenal dengan nama Sayur Putungo. Di daerah jawa di kenal dengan nama Ontong. Kuliner ini walau berbeda nama dan rasanya, tapi berbahan dasar sama, jantung pisang.

Di daerah Gorontalo, Sayur Jantung Pisang atau Putungo di olah dengan berbagai macam cara, sesuai dengan menu yang di sajikan bersama putungo. Dapat di buat santan, tumis atau sekedar lalapan biasa. Putungo paling pas di santap dengan Milu Rebus atau Milu Bakar. Putungo di lalap mentah, di iris kecil – kecil yang di campur sambal, kemudian di santap dengan jagung.

Untuk dibuat sayur, berikut resep ringannya :

  1. Jantung pisang yang sudah dicuci bersih dirajang (diiris) trus direbus hingga empuk.
  2. Tumis: bawang merah, bawang putih, cabe merah tambah cabe rawit hingga harum, masukkan daun salam 3 lembar, irisan tomat, dan garam. Aduk – aduk hingga merata.
  3. Masukkan jantung pisang yang sudah direbus tadi beserta santan.
  4. Tunggu hingga mendidih dan sambil sesekali diaduk biar merata bumbunya.

Sebenarnya resep dari menu ini lebih dari sepuluh macam. Jika di review satu persatu, tak akan ada habisnya. Walau di olah dengan berbagai macam cara, orang gorontalo tetap mengenal kuliner ini dengan nama Sayur Putungo.

SHARE
Previous articleTili Aya
Next articleBinte Biluhuta (Milu Siram)