Seketariat Daerah

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Gorontalo
Sekretariat Daerah Propinsi adalah unsur staf Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur.
Sekretaris Daerah Propinsi mempunyai tugas membantu Gubernur dalam menyelenggarakan tugas-tugas umum staf, mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan Daerah, pembinaan administrasi, organisasi dan tatalaksana serta pelayanan teknis administratif.
Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Sekretariat Daerah propinsi mempunyai fungsi:

  1. Pengkoordinasian perumusan kebijakan Pemerintah Dearah Propinsi
  2. Penyelenggaraan administrasi pemerintahan
  3. Pengelolaan sumber daya aparatur, keuangan, prasarana dan sarana pemerintahan Daerah Propinsi
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Biro adalah unsur pelayanan administratif dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan Daerah dan mengkoordinasikan perumusan kebijakan penyelenggaraan tugas dan fungsi perangkat Daerah.

Biro yang ada di Sekretariat Daerah Propinsi terdiri dari :

Biro Hukum
Biro hukum mempunyai misi meningkatkan Penegakan Hukum melalui Pembuatan Produk Hukum , Penyuluhan dan Bimbingan Tekhnis,Mengembangkan sumber daya masyarakat Aparatur agar dapat berpartisipasi dalam supremasi hukum membangun Organisasi Perangkat Daerah yang berdaya guna sesuai kebutuhan dan tuntutan kemajuan.
Biro Humas
Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol mempunyai tugas merumuskan kebijakan dan melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data informasi, publikasi, pelayanan informasi, serta pelayanan keprotokolan
Biro Pembangunan
Bidang Pembangunan meliputi; pekerjaan umum, perhubungan dan lingkungan hidup serta pemukiman dan pengembangan wilayah.
Biro Umum & Perlengkapan
Menyusun bahan perumusan kebijakan umum pemerintah Daerah, Perencanaan, Strategis, Pelaporan Bidang Umum dan Perlengkapan, Pelaksanaan dan Pelayanan Administrasi, Fasilitas, Pemantauan dan Evaluasi Bidang Rumah Tangga, Perlengkapan, Tata Usaha Sekretariat Daerah, serta Pengelolaan Tata Usaha dan Rumah Tangga Biro.
Biro Pemerintahan
Bidang Pemerintahan meliputi; pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat serta satuan polisi pamong praja dan hukum.
Biro Ekonomi
Bidang Ekonomi meliputi; pertanian, perkebunan, kehutanan, pariwisata dan kesenian, industri dan perdagangan, penanaman modal, koperasi dan pengusaha kecil, eksplorasi laut, pertambangan serta badan usaha milik Daerah.
Biro Sosial
Bidang Sosial meliputi; kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, sosial, tenaga kerja, transmigrasi, pemuda dan peranan wanita serta keluarga berencana.