Situs Otajin

0
1163
Nama : Situs Otajin
Lokasi : Situs Otajin terletak di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara,, Provinsi Gorontalo
Kategori Wisata :  icon-alam Wisata Alam
Dokumentasi :

Situs otajin
Situs otajin
Deskripsi : Kotajin sebenarnya hanya satu toponim atau nama geografis di Kabupaten Gorontalo Utara. Nama itu merupakan sebuah desa di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, yang bernama Desa Kotajin (penulisan disatukan sesuai dengan aturan toponimi). Tetapi siapapun akan penasaran mengapa desa itu dinamakan Kotajin. Dengan berkendaraan mobil mengikuti jalan trans sulawesi menyusuri pantai utara Laut Sulawesi yang tidak kalah indahnya ke arah perbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, tepat pada Km 100 kita akan membaca papan yang bertuliskan “Selamat Datang di Desa Kotajin”. Di desa ini terdapat satu bongkah batu besar dengan gua sempit di dalamnya. Bongkah besar batu itu dinamakan Ota lo jin atau Otajin, yang berarti benteng istananya para jin. Mungkin karena terdapatnya situs otajin di lokasi ini, maka desanya dinamakan Desa Kotajin.Situs Otajin atau yang lebih di kenal dengan Istana Jin di kalangan masyarakat sekitar merupakan bangunan bebatuan yang tersusun rapi dan terjadi karena proses alam yang konon menurut kepercayaan masyarakat setempat dibuat oleh Raja Jin Pantai Utara. Bangunan ini berupa bebatuan alam yang bahannya berupa stalagtit dan stalagnit yang sangat unik dan di yakini sebagai Istana Jin. Otalojin secara geologis sebenarnya hanyalah bongkah batu besar dari batu gamping (batu kapur) yang telah mengalami proses pelarutan dengan terbentuknya gua sempit di dalamnya.Menurut cerita turun temurun di desa ini, di dalam ruangan dalam situs purbakala otajin ini terdapat pula sembilan kamar yang terbuat dari batu alam dan terdapat sepasang meja dan kursi yang terbuat dari batu. Ada pintu masuk menuju bagian dalam bongkahan batu ini. Namun, lorong menuju goa sangat sempit. Hanya bisa dimasuki satu orang saja. Dan sebuah pohon beringin besar berdiri kokoh di atasnya, menambah keunikan serta kesan mistis dari lokasi situs otajin. Di alat GPS posisinya dapat dideteksi pada lintang utara 0o54?49.1? dan bujur timur 123o06?38.6?.Sebaiknya pengunjung menggunakan jasa pemandu atau yang lebih memahami suasana sekitar situs otajin. Atau langsung melapor ke rumah kepala Desa Kotajin, agar kunjungan wisata / penelitian Anda terhadap situs ini akan lancar dan tidak mengalami kendala. Walau terkesan mistik, suasana angker di lokasi ini tidak terasa. Karena anak-anak desa dengan ceria sering bermain di sekitar situs otajin, memanjat batu, dan memasuki gua sempit tanpa rasa takut.

Kotajin justru akan sangat meriah jika di kunjungi pada hari Rabu di akhir Bulan Safar, karena seluruh penduduk desa kotajin dan masyarakat atinggola pada umumnya akan melakukan Ritual Mandi Safar di Sungai Andagile yang menjadi batas Provinsi Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Utara. Menurut kepercayaan setempat, hari Rabu di akhir bulan Safar adalah hari naas yang harus dibersihkan dengan cara mandi di sungai.

Keistimewaan : Konon, bongkahan batu ini adalah tempatnya para jin. Warga sekitar mempercayai bahwa ada kekuatan magis dari batu yang ukurannya besar ini. Menurut cerita masyarakat setempat, pernah ada salah seorang warga yang hilang dibatu ini. Menurut pemahaman warga, orang itu diambil bangsa jin yang bermukim dibatu tersebut. Tak heran, para orang – orang tua dulu menjadikan tempat ini sebagai tempat keramat. Setiap mulai menanam padi, orang – orang dahulu kerap melakukan upacara ritual didepan bongkahan batu in dengan tujuan agar hasil panen melimpah.
Akses : Akses ke lokasi situs otajin yang terletak di Desa Kotajin Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara dan berada di Tepi Jalan menuju Pantai Minanga, berjarak lebih kurang 90 km ke arah Timur Laut dari Ibu Kota Provinsi Gorontalo dan lebih kurang 70 km dari Bandar Udara Jalaluddin. Dapat ditempuh dengan memakan waktu lebih kurang 2 jam dengan menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat. Akses dapat di tempuh juga dengan menggunakan jasa angkutan hotel dan angkutan umum (mikrolet) dengan rute Gorontalo – Atinggola dengan bea Rp.20.000 per orang.
Harga Tiket Masuk :
Akomodasi & Fasilitas :